Make your own free website on Tripod.com
Make your own free website on Tripod.com
Make your own free website on Tripod.com

 

 

 

MIDI Gratis. Musik jenis apa yang disebut dengan musik digital? Apakah CD audio dapat dibilang musik digital? Apakah MP3, WMA, MIDI, dan format file musik lain disebut sebagai musik digital? Ada beberapa pendapat yang berbeda mengenai arti musik digital, Pertama, musik digital ialah musik yang dikemas secara digital. Jadi CD audio, MP3, dan WMA merupakan contoh musik digital Kedua, musik digital ialah musik yang diolah secara digital. Musik ini dihasilkan oleh alat musik asli, kemudian diolah secara digital. Misalnya, dalam sebuah lagu terdiri dari gitar akustik, bas, piano, dan drum. Lagu yang dimainkan oleh masing-masing alat musik di-rekam secara terpisah dan tidak berbarengan. Kemudian, dengan menggunakan perang-kat tertentu, suara-suara tersebut dipadukan serta diedit dan disempurnakan. Terakhir, musik digital ialah musik yang dibuat secara digital. Saat pembuatan, suara-suara dihasilkan dengan merangkai sampel-sampel suara alat musik yang sudah ada, tanpa membutuhkan alat musik. Musik digital tipe terakhir ini dapat dibuat tanpa bantuan alat musik sama sekali, hanya menggunakan komputer.

 Membuat Musik MIDI Dengan Sekaiju                                  Memproduksi  Musik  Dengan  Menggunakan Komputer

Home

My MP3 Playlist

Blog Musik Teknologi

Toko Buku Musik Amazone

 

Jadikanlah Komputer/Notebook sebagai alat untuk memproduksi musik dengan menggunakan
program-program musik gratis.

 

   Bantuan Online
My Facebook
 

E-book Membuat Studio Di Rumah (Home Recording) dengan Biaya Minimal, Hasil Maksimal coming soon


Driver Sound Card untuk Windows
 

Ada beberapa driver yang digunakan oleh Windows sampai saat ini ada tiga yaitu MME, WDM & ASIO. 

MME
Pada awalnya ada  MME, tapi tanpa standard untuk  high-performance dan oleh sebab itu dihindarkan oleh pengguna   profesional, driver ini merupakan sebuah standard Microsoft yang mudah dalam pembuatan code nya.
Setiap aplikasi audio berdasarkan Windows akan begitu mendukung keberadaan ini, merupakan bagian yang dasar dari windows dan jika aplikasi tersebut tidak men support  driver ini maka aplikasi-aplikasi ini tidak akan bisa berjalan. Jadi, jika kita tidak punya pilihan lain, kita dapat selalu memastikan bahwa setiap aplikasi audio akan menggunakan driver ini.

WDM
WDM adalah standard paling baru untuk driver multimedia di sistim operasi Windows. Dimulai dengan Windows ME dan dilanjutkan sampai Windows 2000 dan XP. Sekarang ada  patches  untuk membuat WDM berjalan di Windows 98 Second Edition. tapi ini tidak akan berjalan pada Windows 98 original release.  Driver ini lebih tinggi kemampuannya daripada driver MME, sebanding dengan ASIO,  berkemampuan seperti WDM yang sangat bergantung pada para  pembuat Sound Card dan driver.

ASIO (Audio Streaming Input/Output)
ASIO adalah sebuah protokol transfer audio beragam channel  yang digunakan oleh banyak peralatan MIDI.

Driver ASIO  telah dikembangkan untuk high-performance dan  low-latency yang ditujukan pengguna studio profesional. Oleh karena itu, ini bukan selalu sebuah pilihan, sedikit sound card dan program aplikasi musik mendukung   ASIO. ASIO bukan  suatu bagian default  dari sistim Windows, driver ini dibuat oleh industri pihak ketiga, dan oleh sebab itu, dalam penggunaannya kita harus memastikan dua hal, pertama, sound card kita memiliki driverASIO sebagai bagian dari bundel driver nya, kedua, kita memastikan bahwa program aplikasi musik yang kita gunakan dapat mendukung ASIO dengan baik.

Semua program aplikasi Steinberg mendukung ASIO (merekan memainkan peranan besar dalam pembuatan  ASIO), tapi  Cakewalk, contohnya, tidak mendukung  ASIO, jadi kita harus menggunakan driver WDM atau MME untuk sound card kita.

Dalam pengalaman pribadi,  ASIO nampaknya menjadi driver yang paling baik dengan alat yang telah saya gunakan, tetapi driver ini dulunya kurang didukung  oleh sound card dan program aplikasi musik, tapi seiring waktu, banyak sound card yang memulai menyertakan driver ASIO sebagai bagian dari paket penjualannya.

Banyak konsumen yang memiliki sound card tidak mempunyai driver ASIO yang adalah target sebuah studio musik, driver ASIO tidak diperlukan untuk Game, pemutar musik MP3, DVD dan yang lainnya berhubungan dengan tugas normal komputer.  Jika kita ada pada situsai ini, kita bisa mencoba  driver  ASIO4All yang bisa digunakan untuk semua sound card standard.

Daftar Sound Card yang kisaran harganya 1 - 5juta rupiah,  cocok untuk    home recording.

1. ECHO mia midi (PCI)
2. ESI julia (PCI)
3. ECHO audiofire 2 (firewire)
4. ECHO audiofire 4 (firewire)
5. CME matrix K (firewire / usb)
6. ESI duafire (firewire)
7. NATIVE INST audio kontrol 1 (usb)
8. MBOX 2 (usb)
9. EDIROL UA-4FX (usb)
10. LINE6 toneport ux1 (usb)
11. LINE6 toneport ux2 (usb)
12. LINE6 toneport kb37 (usb)
13. PRESONUS inspire 1397 (firewire)
14. APOGEE duet (firewire)
15. M-AUDIO fast track (usb)
16. FOCUSWRITE saffire (firewire)
17. M-AUDIO firewire 410 (firewire)
18. EMU 0202 (usb)


MIDI Search

   

   

 Mencari Lirik lagu

   Rekomendasikan situs ini pada teman anda

Click here for a free download!
Dapatkan Sekarang Juga Karaoke Player vanBasco - GRATIS!
 

 

Musik MIDI Rohani
Lagu-lagu rohani Indonesia (dilengkapi dengan lyrik/karaoke) yang dapat dimainkan dengan Karaoke Player vanBasco & Karafun - Gratis!

   MusicianUniversity.com Music Theory Basics Course  
    Yahoo! Music Unlimited

MUSIK TEKNOLOGI KOMPUTER (MIDI)

Musik telah berubah porsi. Kalau dahulu musik jauh dari sentuhan elektronik komputer maka sekarang telah berbalik seratus delapan puluh derajat.

Peralatan Musik MIDI sama sekali tidak menampilkan wajah musik akustik seperti gitar, piano dan sebagainya namun lebih mirip perabot sebuah ruang kontrol komputer penuh dengan keyboard alat musik dan monitor komputer.

MIDI singkatan dari Musical Instrument Digital Interface yaitu sebuah "interface" yang menghubungkan sistem komputer dengan keyboard instrumen musik.

Untuk membentuk sistem Musik MIDI diperlukan sebuah keyboard instrumen musik yang mempunyai penghubung MIDI sebuah CPU komputer sebuah monitor dan sebuah printer ( sebagai tambahan ).

Dengan susunan lengkap seperti ini maka musisi sewaktu-waktu dapat merekam dan main ulang rekaman musiknya . Semua data lagu disimpan dalam format digital seperti ke media disket atau hard disk komputer.

Menciptakan sebuah lagu baru sekarang bukan pekerjaan sulit. Sebab melalui layar monitor terperaga not balok yang disadap langsung dari permainan sang komponis. Di samping itu dengan bantuan program musik yang bisa menyajikan ratusan macam irama yang bisa dikombinasikan menurut selera musisi maka lagu Kroncong dan Dangdut dapat dibuat dengan bantuan komputer (MIDI). Penggantian suara instrumen musik seperti Drum, Bass, Piano, Gitar dan sebagainya dapat dilakukan hanya dengan jalan menekan mouse.

Di dalam disket tersimpan data-data MIDI bunyi instrumen musik yang pernah dimainkan. Data-data MIDI ini dapat dicetak oleh printer melalui program musik yang ada. Jelas semua ini sangat membantu para pecinta musik.  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bunga Padang

Bunga padang berbusana yang indah
Burung angkasa tidak sibuk dengan hidup
Tuhan Maha Kasih pasti menjaga
Dia cinta manusia menyediakan jalan yang kekal

Segala perlu Bapa Surga sediakan
Jika kau risau biar Tuhan menghiburmu
Tuhan Maha Kasih pasti menjaga
Tuhan Maha Kuasa berbahagialah yang percaya


Yesus Sobat Sejati

Yesus sobat yang sejati
Yang memberi sentosa
Tiap hal boleh kubawa
Dalam doa pada Nya

Bila hatiku gelisah
Aku salah dan lemah
Karna lalai serahkan hidup
Dalam doa pada Nya

Ref:
Jika oleh pencobaan
Kacau balau hidupmu
Jangan lagi putus asa
Pada Tuhan berseru

Music

Yesus kawan yang setia
Tidak ada taranya
Dia tau kelemahanmu
Naikan doa pada Nya

Ref.
Jika oleh pencbaan
Kacau balau hidupmu
Jangan lagi putus asa
Pada Tuhan berseru

Jangan lagi putus asa
Pada Tuhan berseru.



 

Studio Music Producer

Music Studio Producer v1.25 New
Free MIDI sequenecer, DAW which can host VST(i).

Music Studio Producer adalah program musik untuk pemula dan profesional!
Music Studio Producer adalah versi Gratis dari Music Studio Independence
 yang mempunyai sejumlah fungsi untuk semua jenis musik, seperti
composition, arrangement, recording, mixing dan mastering.

MIDI sequencer
Anda dapat membuat musik dengan berbagai cara seperti real-time recording, step recording dan editing hanya dengan menggunakan sebuah mouse!
You can edit music just as you want by using four kinds of windows ; Track,
Piano Roll, Score Roll, Event List and Mixer.

Audio
Sebagai contoh, Anda dapat melakukan mix gitar akustic dan vocal untuk 
data MIDI.
Selanjutnya, Anda dapat menggunakan suatu effect untuk suara-suara ini.

   Cara paling mudah untuk menghubungkan alat musik Keyboard ke PC atau Laptop!

Begitu mudahnya membuat sebuah Studio Musik di rumah (Home Recording) dengan Komputer PC/Laptop/Notebook . Dimulai dengan menghubungkan sebuah instrumen musik elektronik yang memiliki port MIDI OUT/IN ke Komputer dengan kabel MIDI USB. Dalam beberapa menit Anda akan dapat memainkan lagu-lagu dari file MIDI begitu juga lagu-lagu dapat direkam di Komputer Anda! Dengan software musik yang tepat, Anda dapat menambah instrumen musik tambahan, kemudian melakukan Edit, Mix, dan bahkan Mencetak lembaran Notasi Musik dari komposisi lengkap Anda. Produk USB MIDI CABLE ini telah lulus sertifikasi CE dan FCC. Kabel ini dapat mendukung Windows XP, Vista, begitu juga Mac OSX.


Program Sequencer MIDI SEKAIJU

“Sekaiju” gratis,  program MIDI sequencer open source untuk membuat dan  editing data MIDI.  Program ini dapat membuat musik dengan MIDI modules  atau  synthesizers. Sekaiju juga dapat digunakan sebagai editor MIDI yang hebat.

  • Data MIDI beberapa track semuanya dapat dibuka. Ini adalah suatu aplikasi MDI (Multi Document Interface).

  • Dapat menggunakan  track list window, piano roll window, event list window, dan musical score window, dimana anda dapat melihat dan edit multiple tracks, dan semua bisa di cetak.

  • Semua jenis  MIDI events termasuk meta event dan  system-exclusive event dapat di edit.

  • Unlimited undo dan redo.

  • TPQN berdasarkan pada resolution (time-base) dari 1 sampai 960 dan SMPTE24/25/29.97/30 berdasarkan pada resolution 1 sampai 255 keduanya di support. Mode Time dan  resolution dapat diganti setiap saat.

  • Sekaiju sequence file(*.skj) import dan export.

  • Cherry sequence file(*.chy) import dan export.

  • Standard MIDI file(*.mid) format 0/1/2 import dan export.

  • Import dan export MIDICSV file(*.csv).

  • Auto back up(dari interval 1 menit sampai 120 menit).

  • Input port 16 MIDI  dan output port 16 MIDI dapat digunakan pada saat bersamaan.

  • Merekam Real time dengan metronome, yang mana dapat di  input ke  track campuran.

  • Auto repeat dari posisi CC#111, yang mana digunakan sebagai  sebuah repeat marker diprogram “RPGツクール”.

  • Intelligent playback yang mencegah suara kacau, dimanapun posisi anda memulai.

  • Synchronized recording yang mulai pada start di waktu mainkan  keyboard anda.

  • MIDI Timing clock untuk syncronizing mungkin diterima dan dikirim.

  • Instrument definitions are compatible with Cakewalk’s instrument definition file(*.ins).

  • Hanya perlu di ekstrak dari file  zip untuk menjalankannya. Tidak perlu di install.

  • GUI dan dokumentasi dalam 2 bahasa (Japanese dan English).

Program Sekaiju ini gratis, sewaktu diinstall tampilannya bahasa Jepang, untuk ubah ke bahasa Inggris, pilih tab/menu ke 5  dan pilih option ke 5 dari drop down menu untuk merubahnya.

Untuk download, silahkan kunjungi: http://openmidiproject.sourceforge.jp/index_en.html


MU.LAB Free
Audio-MIDI Sequencer

MU.LAB adalah sebuah alternatif, program aplikasi musik untuk Wundows dan OSX,  menjadikan komputer Anda menjadi sebuah  virtual music studio yang canggih!

MU.LAB tidak membanjiri Anda dengan sejumlah fitur yang rumit, dimana Anda tidak menggunakannya.

Sebaliknya, MU.LAB mudah dalam menggunakannya (user-friendly) yang di disain sebagai alat untuk menciptakan, menyempurnakan dan  memainkan Musik Anda!

MU.LAB'memiliki kemampuan:
- Audio Recording & Playback
- MIDI Recording & Playback
- Flexible Composition & Sequence Editing
- Supports Audio and MIDI VST Plugins
- Powerful Audio and MIDI Plugin Routing (up to 100% modular if you want)
- Integrated high quality synths, samplers and effects
- High quality Audio Engine
- Sample Accurate Sequencing
 


Ingin memainkan lagu-lagu Karaoke di PC, dapatkan Karaoke Software KaraFun

KaraFun dapat Anda jadikan hiburan keluarga. Fungsinya sebagai home karaoke. Aplikasi gratis ini berbasiskan engine animasi yang powerful. Meskipun telah mendukung file KAR (midi), namun aplikasi ini tetap dapat berjalan pada file-file lain, misalnya mp3. Sebuah file KFN yang diciptakannya mengandung semua informasi karaoke yang Anda kehendaki. Berkreasilah dengan file-file mp3 kesayangan Anda untuk  membuat lagu-lagu berkaraoke.

INOVASI BARU MENGUASAI MUSIK DENGAN TEKNOLOGI

Please Download  MIDI files  Indonesian Christian Songs:

01. Tuhanlah Perlindunganku
02. Seperti Rusa
03. Kau
04. Dia Tak Pernah Gagal
05. Dari Terbit Matahari
06. Ku Cinta Kau Yesus
07. Penuh Suka Cita
08. Sungguh ku Bangga 
09. Puji Syukur
10. Tanpa Kasih Tuhan
11. Kasih
12. Untungku Besar
13. Seindah Pelangi
14. Kalau Bunyi Sangkakala
15. Tiap Langkahku
16. Tuhan Mengetuk Hati ku
17. Kasih Yesus Lebih
18. Ialah Segalanya
19. Hitung Berkat
20. Glory Haleluya
21. Jadikan Aku Rumah DoaMu
22. Hanya Dekat Tuhan Saja
23. Hanya Di dalam Yesus
24. Berkat Anak Cucu
25. Bapa Surgawi
26. Engkau Rajaku
27. Kau yang terindah
28. Kuberharap
29. Ku Bergembira Selalu
30. Mata ku Yesus
31. Saatku Menyembah
32. Raja Damai
33. Bagai Rajawali
34. Puji Tuhan
35. Tuhan memberikan nyanyian
36. Tuhan di tengah kita
37. Yesus adalah kekuatanku
38. Sorak Hosana

39. Agung Agung Agunglah
40. Yang Terutama

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

41. Sungguh Indah Nama Yesus
42. Janganlah Tuhan Lalui
43. Kitab Injil Baru
44. Gereja Bagai Bahtera
45. Tabur Waktu Pagi
46. Sungguh inginkah Engkau ..
47. Tuhan Engkaulah Hadir
48. Yesus NamaMu yang terindah
49. Betapa Hatiku
50. Hanya di dalam Yesus
51. Ku Bersyukur
52. Dunia Lalulah Segera
53. Ku Bersyukur Tuhan
54. Milik Tuhan
55. Sheng Jing Gao Su Wo
56. Ku Ingin Berperangai + Lyrik
57. Makin Serupa Yesus, Tuhanku
58. Kar'na KasihNya
59. Kudengar Panggilan Tuhan + Lyrik
60. Tuhan Memanggilmu
61. Tetap Cinta Yesus  + Lyrik
62. Meskupun Di dalam Lembah
63. Berderaplah Satu! (Himne GKI)
64. T'lah Lewat Malam Yang Gelap  + Lyrik
65. Mujizat Itu Nyata

66. Hati Yang Menyembah
67. Mas, Perak & Permata
68.Tiada yang Mustahil
69. Ku Di Tangan Mu
70. Pelangi Kasih New
71. Terpujilah Bapa Anak dan Roh Kudus New
72. Tiada yang mustahil New
73. Terima Kasih Tuhan New
74. Lekat Dalam Hati Mu New
75. Sejauh Timur Dari Barat New
76. Laskar Kristus New
77. Gembala Yang Baik New
78. Yesus Kaulah Pembelaku New
79. Yesus Ku Menyembah Mu New
80. Selamat Pagi Bapa New
81. Allah Peduli New
82. Halleluyah New
83. Kasih Setia Mu New
84. Satu Hal Yang Kurindu New
85.Kudus Kudus Kudus Tuhan New
86.Selamat Pagi Bapa New
87.Terpujilah Tuhan
New
88.Kasih
New
89. Ku Bersyukur New
90.Ku Mau Seperti Yesus New
91. Kasihku PadaMu Tambahkanlah-NKB141 New
92. Besarlah Untungku - NKB197 New
93. Ada Kuasa Dalam DarahNya  New

94. Sejak Yesus Dihatiku New

 

 



 

 

 

 


    


Hubungkan Keyboard  ke Komputer Dan    Kembangkan     Kreativitas    Musik    Anda   

Dengan Program Sequencer Gratis seperti Cakewalk Professional, Music Studio Producer, Sekaiju, Domino, Temper & REAPER yang di instal di komputer, Anda akan menjadi  lebih produktif dengan menggunakan keyboard! Hanya dengan sebuah kabel MIDI yang menghubungkan komputer, Anda sekarang dapat membuat dan meng-edit musik  secara menyenangkan melalui layar monitor yang besar, dan bahkan memodifikasi suara-suara yang Anda suka. Anda juga dapat membuat Polyphonic Ringtones.  Kemudian, Anda dapat melihat dan mencetak komposisi lagu  sebagai sebuah karangan musik yang lengkap.

 

                 

Kunjungi www.pelopor.com/midi
E-mail: wihardja@ymail.com


Click for a free download!
Dapatkan Sekarang Juga  Karaoke Player vanBasco - GRATIS!

Dapatkan Lagu-lagu rohani Indonesia (dilengkapi dengan lyrik/karaoke) yang dapat dimainkan dengan Karaoke Player vanBasco - Gratis!

1. Tetap Cinta Yesus
2. Kar'na KasihNya (nkb85)
 3. Ku Ingin Berperangai (nkb122)
4. Ku Tahu Mukhalisku Hidup (nkb89)
5. Murid-Murid T'lah Berhimpun (nkb103)
6. T'lah Lewat Malam Yang Gelap (nkb38)


Klik Disini
Free MP3 Music Downloads

 

MIDI Copyright

 

  Bagaimana Membuat Dan Menggunakan MIDI Files

MIDI sudah ada sejak tahun 1980 an tapi banyak orang masih belum mengerti apa itu MIDI.  MP3 lebih banyak mendapatkan perhatian belakangan ini. Jadi, apa sebenarnya MIDI, dan dimana Anda dapat belajar lebih banyak lagi tentang MIDI? Disinilah, ada sebuah petunjuk mengenai seluk beluk MIDI.

Install Script

 

Free karaoke for PC - KaraFun
Free karaoke software

Karaoke Files (.KAR) adalah Standard MIDI files yang menggunakan nomor-nomor track khusus untuk lyrik, melodi dan instrumen (seperti drum, bas, piano, gitar,dsb).

Ada lagi Karaoke Player bernama Gosing yang bisa membaca format KAR, MK1 & MID. Aplikasi Gratis ini dapat di Download langsung di situsnya www.gosing.com

 

 Bermusik Dengan PC

Komputer bisa dipakai untuk menghasilkan musik seperti dimainkan oleh satu grup musik dengan peralatan lengkap. Dasarnya, hanya butuh sedikit perangkat dan tentu saja sedikit jiwa seni.

Dengan musik komputer, seseorang bisa merekam contoh (sample) suara ke dalam PC, kemudian menggu-nakannya kembali untuk diga-bungkan dengan sampel suara lain atau dengan musik yang dimainkan dengan alat musik yang sebenarnya.

Definisi Musik Digital

Musik jenis apa yang disebut dengan musik digital?
Apakah CD audio dapat dibilang musik digital? Apakah MP3, WMA, MIDI, dan format file musik lain disebut sebagai musik digital?

Ada beberapa pendapat yang berbeda mengenai arti musik digital, Pertama, musik digital ialah musik yang dikemas secara digital. Jadi CD audio, MP3, dan WMA merupakan contoh musik digital

Kedua, musik digital ialah musik yang diolah secara digital. Musik ini dihasilkan oleh alat musik asli, kemudian diolah secara digital. Misalnya, dalam sebuah lagu terdiri dari gitar akustik, bas, piano, dan drum. Lagu yang dimainkan oleh masing-masing alat musik direkam secara terpisah dan tidak berbarengan. Kemudian, dengan menggunakan perang-kat tertentu, suara-suara terse-but dipadukan serta diedit dan disempurnakan.

Terakhir, musik digital ialah musik yang dibuat secara digital. Saat pembuatan, suara-suara dihasilkan dengan me-rangkai sampel-sampel suara alat musik yang sudah ada, tanpa membutuhkan alat mu-sik. Musik digital tipe terakhir ini dapat dibuat tanpa bantuan alat musik sama sekali, hanya menggunakan komputer.

Mengapa Menggunakan PC

Dengan bantuan komputer dalam membuat musik digital tipe ketiga, keuntungannya adalah seseorang tidak perlu bisa memainkan alat musik. Kita tinggal mengambil sampel suara, meletakkannya pada tempat yang tepat, mengga-bungkannya dengan sampel-sampel suara yang lain se-hingga menjadi sebuah lagu.

Dengan menggunakan kompu-ter PC, kita dapat membuat musik dengan cara yang jauh lebih murah, karena dengan PC, ratusan bahkan ribuan alat musik bisa didapat untuk bereksperimen.

Mengenai perangkat untuk bermusik secara digital secara sederhana, alat yang dibu-tuhkan tak rumit. Dari segi perangkat keras, PC yang dilengkapi dengan kartu suara sudah cukup. Prosesornya cukup Pentium II saja, sudah bisa jalan. Kalau mau lebih mudah dalam bermusik boleh dilengkapi dengan keyboard MIDI.

Perangkat lunak untuk ber-musik digital banyak yang gratis alias freeware.


  TERAPI DENGAN MENABUH DRUM

Mickey Hart pernah me-lapor-kan tentang man-faat instrumen perkusi bagi orang lanjut usia. Me-nurutnya, tubuh manusia merupakan mesin ritme multidimensi di mana segala sesuatunya ber-denyut secara sinkron, mulai kegiatan pencer-naan usus hingga sel-sel saraf di otak. Di dalam tubuh, ketukan utamanya ditentukan oleh sistem   kardiovaskular,      jantung dan paru-paru. Terapi drum bagi orang lanjut usia merupakan ide yang baik di zaman sekarang seperti halnya beribu-ribu tahun yang lalu.

Pengaruh Musik

Selama beberapa tahun belakangan ini Don Campbell mengungkapkan rahasia yang sudah dike-tahui selama berabad-abad: Musik bukan hanya hiburan. Musik adalah obat bagi tubuh dan jiwa. Dalam bahasa yang cerdas, lengkap, dan praktis, Don mampu men-jadi pemandu yang me-ngagumkan dalam me-ngantar kita menuju  pe-mahaman akan kekuatan yang dikandung musik dalam membangkitkan inspirasi, mendidik, dan menyembuhkan. Pengaruh musik mampu menyajikan suatu alam yang berbeda ke dunia tempat kita tinggal.

Dilaporkan pasien-pasien stroke yang diberi terapi musik berkurang depresi dan kecemasan-nya dan menjadi lebih mantap emosi maupun motivasinya untuk berko-munikasi dibandingkan pasien-pasien yang men-dapatkan perawatan baku.

Selain dapat mempe-ngaruhi suasana hati, musik kini diketahui me-miliki kekuatan yang amat mengagumkan. Dalam bahasa sederhana, musik itu baik bagi Anda--secara fisik, emosi, dan spiritual.
Bunyi, nada, dan ritme, terutama yang terkan-dung dalam musik Mozart, lagu Gregorian, jazz, New Age, Latin, pop, bahkan musik gamelan, dapat mempertajam pi-kiran serta meningkatkan kreativitas. Dan yang menakjubkan, mampu menyembuhkan tubuh. Fenomena luarbiasa ini disebut Efek Mozart.
  
Dalam buku tersebut diperlihatkan bukti-bukti pemanfaatan musik untuk menangani berbagai ma-salah, dari kecemasan hingga kanker, tekanan darah tinggi, nyeri kronis, disleksia, bahkan penyakit mental. Di AS, murid-murid yang menyanyi atau memainkan alat musik, skor SAT-nya 50 poin lebih tinggi ketim-bang rata-rata nasional. Selama proses melahirkan, musik mampu meredakan kecemasan para calon ibu dan membantu menge-luarkan endorfin, pemati rasa sakit alamiah yang dimiliki tubuh, sehingga mengurangi kebutuhan akan anestesia.

Copyright@2009- 2014