HARVEST INTERNATIONAL THEOLOGICAL SEMINARY
Jl. Gunung Rinjani No. 6 - Taman Himalaya
Lippo Karawaci - Tangerang 15811
Telp : (021) 5461091 Fax : (021) 5461093
Web : http://www.hits.ac.id
Email : hits@worldharvest.cc

Kamis, 12 Maret 2009

SEJARAH HITS



Sekilas Tentang HITS Sekolah Tinggi Teologi Internasional Harvest (STTIH) atau disebut juga Harvest International Theological Seminary merupakan bentuk Sekolah Tinggi yang mengemban tugas dan fungsi perguruan tinggi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya dalam pendidikan tinggi teologia yang mengacu pada Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 dan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1990 tentang penyelenggaraan pendidikan tinggi teologia HITS merupakan sekolah tinggi teologi yang berada dalam pembinaan dan pengelolaan Yayasan Tuaian Dunia serta secara akademis oleh Dirjen Bimas (Kristen) Protestan, Departemen Agama Republik Indonesia, selain diasuh oleh Gereja Injili Seutuh Indonesia (GISI). Sejak Berdiri hingga saat ini, pendiri dan ketua dari HITS adalah DR. Jimmy B. Oentoro HITS didirikan pada tanggal 10 Mei 1993 dan dalam kedudukannya sebagai sekolah tinggi yang mandiri, HITS merupakan bagian dari system pendidikan nasional, yang berasaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dalam bermasyarakat dan bernegara, yang bertujuan meyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan, kecakapan, dan ketrampilan dalam pengembangan/penyebaran ilmu teologia serta mengupayakan penggunaannya bagi gereja, masyarakat bangsa dan Negara Sejak didirikan hingga saat ini, HITS memikul tugas dan tanggung jawab untuk mengembangkan sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan gereja dan pembangunan, baik diwilayah Jakarta maupun kawasan nusantara, dengan mengingat pula kedudukannya sebagai bagian dari masyarakat ilmiah yang bersifat universal HITS mempunyai komitmen untuk mempersiapkan pemimpin-pemimpin yang unggul, terampil dan berdedikasi tinggi untuk memenuhi tantangan-tantangan masyarakat abad 21. Selain itu, HITS mengutamakan pengembangan karakter, kedisiplinan dan kehidupan doa dan kasih para mahasiswanya hingga menjadi gaya hidup dan dasar kepemimpinan HITS menawarkan program pendidikan diploma dan sarjana untuk bidang Teologia Misi, Pastoral dan Musik serta program pendidikan Pasca Sarjana dan Doctoral dibidang kepemimpinan dan transformasi. Untuk menjangkau mereka yang berada di luar Jabotabek, HITS juga menawarkan program pendidikan off campus (jarak jauh) melalui Harvest Leadership Institute (HLI) dan Harvest Internasional Curiculum (HIC) bagi mereka yang tidak bisa meninggalkan pekerjaan dan pelayanannya tetapi rindu untuk memperdalam pengetahuan teologianya di daerahnya masing-masing Program Sarjana terdaftar di DEPAG RI no.DJ.III/Kep/HK.00.5/19/253/2004Program Pascasarjana terakreditasi oleh DEPAG RI no. DJ.III/Kep/HK.00.5/271/2636/2005.

LAMBANG DAN BENDERA HITS



LAMBANG (Symbol)Sekolah Tinggi Teologia Internasional Harvest / Harvest International Theological Seminary memiliki lambang yang terdiri dari Dua Tangkai Padi yang terletak dalam Kotak Persegi Empat, diatasnya terdapat Burung Merpati yang berbentuk lidah api dan Alkitab yang terbuka diatas gambar Bola dunia I. Harvest Dua tangkai padi melambangkan tuaian yang telah menguning siap untuk dituai. Bujur sangkar melambangkan wadah tuaian / harvest yang telah dipercayakan Tuhan dan arti yang lebih luas dapat bekerja sama secara inter dan antar denominasi. II. International Bola dunia melambangkan jangkauan pelayanan HITS yang bersifat Nasional dan Internasional (Global) III. Theology Burung Merpati yang berbentuk lidah api melambangkan pribadi dan pekerjaan Roh Kudus yang membakar semangat dalam pelayanan. Ciri Teologia beraliran kharismatik/ Pentakosta IV. Seminary Alkitab yang terbuka melambangkan dasar semua pendidikan yang bersifat Akademis maupun Non Akademis dalam proses pembentukan pemimpin-pemimpin Kristen. V. Warna Ada empat warna yang dipakai dalam lambang dan setiap warna memiliki makna sebagai berikut:* Ungu : Warna yang menunjukan Otoritas seorang raja* Hijau : Warna yang menunjukan jurusan Penggembalaan (spesialisasi)* Kuning : Warna yang menunjukan jurusan Misi (spesialisasi)* Merah : Warna yang menunjukan Kepemimpinan dan jurusan TeologiaBendera (Flags)Lambang Sekolah Tinggi Teologia Internasional Harvest / Harvest International Theological Seminary di-emboss pada bendera Sekolah yang berwarna dasar biru tua, yang memiliki arti yang universal dan melambangkan visi dan misi sekolah. Masing-masing program memiliki benderanya masing-masing sesuai dengan ciri khasnya. Program Diploma Musik memakai warna coklat, yang melambangkan harmoni dalam pelayanan, Program Diploma dan Sarjana Misi memakai warna kuning, yang melambangkan ladang tuaian yang menguning, siap untuk dituai. Program Diploma dan Sarjana Pastoral memakai bendera, dengan warna dasar Hijau yang melambangkan jurusan penggembalaan. Program Pasca sarjana Kepemimpinan Kristen memakai warna merah, yang melambangkan Kepemimpinan Kristen yang berani maju untuk Kristus. Dan Program Doktoral dalam bidang Kepemimpinan dan Transformasi memakai warna ungu yang melambangkan otoritas seorang raja /pemimpin untuk mentransformasikan lingkungannya.

VISI DAN MISI HITS



PERNYATAAN MISI Mempersiapkan pemimpin yang terampil, memiliki karakter ilahi, serta berdedikasi tinggi dalam membawa perubahan bagi komunitas dan gereja. PERNYATAAN TUJUAN 1. Mempersiapkan dan membangun pemimpin yang rohani dan unggul serta "Siap Pakai" bagi gereja Tuhan, organisasi dan masyarakat. 2. Membangun dan mengembangkan kedisiplinan intelektual dan sikap positif bagi setiap mahasiswa melalui keunggulan akademik dan kehidupan rohani yang seimbang. 3. Mengembangkan kepemimpinan yang berwawasan global dan bertindak Alkitabiah. (Think Globally and Act Biblically) 4. Melengkapi setiap mahasiswa untuk melaksanakan "Amanat Agung" Tuhan Yesus Kristus, agar: "The Gospel for every person, the church for every people" dapat digenapi. CIRI KHUSUS * Berani dalam Iman * Kasih dalam Persekutuan * Konservatif dalam Doktrin * Karismatik dalam Praktek * Pembaharuan dalam Tujuan * Penginjilan dalam Penekanan

PROGRAM SARJANA

Program Sarjana
Kepemimpinan Mahasiswa akan diperlengkapi dengan pengetahuan yang dalam tentang kepemimpinan yang dinamis, tangguh dan professional. Melalui program ini mahasiswa akan menjadi pemimpin yang memiliki karakter ilahi, dinamis dan membawah pengaruh dan pembaruan di gereja dan komunitasnya dalam abad ke - 21 ini. Sistem Pendidikan - Kelas Reguler- Kelas Blok - Kelas EksekutifStaf Pengajar :
Selama pendidikan di HITS , anda akan diperlengkapi oleh Team Pengajar yang berbobot baik secara akademis maupun rohani dan hamba-hamba Tuhan yang berhasil dalam bidang pelayanan dan kepemimpinan yang berwawasan Internasional, beberapa diantaranya berjenjang pendidikan S2 dan S3 antara lain :
DR. Jimmy Oentoro
DR. Budi Hidayat
DR. Arnold Tindas
DR. Cicilia Gunawan
DR. Karel Sosipater
DR. Susanto Dwirahardjo
DR. Frans H.M. Silalahi
DR. Maria J.K. Mantik
DR. Anung Haryono
Lew Belcourt, M.Div.
Daniel Runtuwene, M.Sc.
Himawan Hadirahardja, M.Sc.
Junry J. Alow, M.Div.
Karel Tuuk, M.Div.
Andi Hannas, M.Th.
Raymond Laimeheriwa, M.Th.
Stevanny Olivia Silangen, M.Th.
Sadrakh Sugiono, M.Th.
Juliati Satya, M.Hum.
Rujito Darwono, M.Si.
Vandy S. Heryandrie, M.A.
Matsen Sitepu, MBA.
Yasip A. Polela, S.Kom.
Willy Soemantri

-->Syarat - syarat Pendaftaran : - Lahir Baru - Anggota Gereja Lokal yang berkomitmen- Foto copy Izajah min. SLTA atau sederajat yang telah dilegalisir 3 lembar- Foto copy tanda pengenal KTP/Pasport/SIM 2lembar - Surat Keterangan Kesehatan dari Rumah Sakit - Foto copy surat Baptis 1 lembar - Pas Photo Uk. 3x4 (5 lembar) dan 4x6 (2 lembar) berwarna dan terbaru - Rekomendasi (4 buah) - Mengirim Kembali formulir yang telah diisi secara lengkap dan biaya - biaya. Pendaftaran :- Semester Genap : Dibuka setiap bulan Oktober - Januari- Semester Ganjil : Dibuka setiap bulan April - JuliBiaya - Silahkan menghubungi HITS : dengan No telp : 021-5461091 fax. 021-5461093 Fasilitas, Sarana dan Profil Kampus :- Terletak dikawasan pemukiman terpadu yang bertaraf Internasional Lippo Karawaci - Tangerang dekat dengan Supermall , perkantoran, perbankan serta rumah sakit , hotel, sportclub serta sarana lainnya.- Program kelas yang berbobot, unik, dan yang didukung pengajar-pengajar yang berpengalaman baik dari dalam maupun luar negeri.- Terdaftar di DEPAG RI (No. DJ.III/Kep/HK.00.5/19/253/2004), Anggota PII, PASTI- Dikenal dan didukung oleh institusi International: USA (Portland Bible College dan School Of Divinity, Regent University), South Korea (Handong Global University). - Ruang kuliah, lab music dan perpustakaan yang nyaman dan full AC serta ditunjang oleh buku-buku referensi dari dalam dan luar negeri- Kampus yang luas, asri dan diperlengkapi dengan teknologi mutakhir Wi-Fi. - Disediakan dormitory atau asrama dengan pengawas pendeta pembimbing. - Cafetaria, toko buku Kristen & area parker yang luas. - Lokasi mudah di jangkau oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum dari berbagai jurusan.


PROGRAM PASCA SARJANA

PROGRAM PASCA SARJANA
Master Of Art (MA) In Christian Leadership
(The Rise and Fall of Your Organization Depends on The Leaders) Jika Anda berada dalam posisi kepemimpinan baik sebagai eksekutif suatu perusahaan, pemimpin gereja, orang tua atau guru, mungkin Anda bertanya berkali-kali di dalam diri Anda bagaimana caranya untuk menjadi pemimpin yang baik, ditambah lagi dengan pesatnya perkembangan jaman menuju era globalisasi, tantangan demi tantangan harus dihadapi untuk bisa menjadi seorang pemimpin yang tangguh. Untuk inilah Harvest International Theological Seminary mempersiapkan training akademik yang diperlukan untuk mempersiapkan diri Anda menjadi pemimpin masa depan. Program kami disusun berdasarkan kebenaran Alkitab yang tertanam di dalam prinsip-prinsip kepemimpinan. Misi Kami : HITS mempunyai misi khusus untuk mempersiapkan pemimpin abad 21 yang siap pakai, menjunjung tinggi nilai Alkitab dan mendedikasikan kepemimpinannya untuk bisa menghadapi dunia ditambah dengan keunggulan akademik dan keahlian yang bisa langsung dipraktekkan di bisnis, gereja dan keluarga Anda. HITS akan membantu meningkatkan kemampuan Anda menganalisa situasi kepemimpinan dengan lebih baik selain itu mengembangkan kemampuan di dalam memaksimalkan aset terbesar yang Anda miliki: "Orang disekitar Anda". Seorang mengatakan "The Greatest use of Life is to spend it for something that will outlast it" Investasikan waktu Anda di HITS untuk satu setengah tahun dan Anda akan bisa merasakan hasilnya seumur hidup Anda. KURIKULUMProgram Pascasarjana dengan gelar Master of Arts (MA) dalam Kepemimpinan Kristen merupakan program studi yang diadakan sore - malam hari dengan sistem kelas blok (priode 1 minggu per kelas). Dalam mata kuliah keahlian tidak hanya diajarkan kepemimpinan Kristen tetapi juga misi dan pastoral.
Mata Kuliah
SKS
Filsafat Ilmu
2
Metodologi Penelitian & Analisa Data
2
Manajemen Gereja
2
Administrasi Gereja
2
Analisa Masalah-Masalah Manajemen & Adm. Gereja Kontemporer
2
Kepemimpinan Kristen
2
Dinamika Perubahan
2
Teologi Tuaian Untuk Pertumbuhan Gereja
2
Teologi Sistematika Lanjutan
2
Pelayanan Kuasa
2
Komunikasi Yang Kreatif
2
Etika Kristen Dalam Kepemimpinan
2
Pengembangan Kepemimpinan Dalam Diri Sendiri
2
Perjalanan Seorang Pemimpin
2
Kepemimpinan Vip Untuk Abad 21
2
Pengantar Psikologi & Konseling Kristen
2
Pengantar Perjanjian Lama
2
Pengantar Perjanjian Baru
2
Hermenetika
2
Teologi Sistematika I
2
Homelitika
2
Tesis
8
TOTAL
50Persyaratan Pendaftaran: Lahir Baru Anggota Gereja Lokal yang berkomitmenFoto copy Ijazah min Program Sarjana legalisir (3 lbr)Foto copy Transkrip Nilai Legalisir (3 lbr),Foto copy tanda pengenal KTP/Pasport/SIM 2lembar Surat Keterangan Kesehatan dari Rumah Sakit Foto copy surat Baptis 1 lembar Pas Photo Uk. 3x4 (5 lembar) dan 4x6 (2 lembar) berwarna dan terbaru Rekomendasi (4 buah) Mengirim Kembali formulir yang telah diisi secara lengkap dan biaya - biaya.
DR. Jimmy Oentoro
DR. Arnold Tindas
Prof. Ir. Samuel H. Tirtamihardja, M.Sc
Prof. DR. Eliezer Sasmoko
DR. Karel Sosipater
DR. Johannes Marbun, M.Si
DR. Tonny Latip Dhywantara
DR. David MM Salimpurwito, MM
Junry Allow, D.Min (cand.)
Maria J. Kumaat Mantik, D.Th.
DR. Harry Sudarma
Ir. Joseph Inkiriwang, MBA., D.Th.
DR. Stefanus Wiji Suratno, Ph.D.
Dr. Hendrik Job Ruru, Ph.D.
Dr. Frans H.M. Silalahi
Andi Hannas, Th.M.
Dr. Susanto Dwirahardjo
Dr. Gernaida R. Pakpahan
Dr. David Sell
Dr. Ir. Eduard J. Moniyong
Dr. Jan Hendrik Rapar
Ir.Johanes Bambang Budihardja,S.Ek.,M.Th
DR. Budi Hidajat (Semarang)
DR. Nathanael Setiabudhi Prajogo (Semarang)
DR. Sonny Saluchu (Semarang)
DR. Hindarko Boentoro (Semarang)
Yohan Hadi Prayitno, Ph.D. (Semarang)
Barnabas Lee, Ph. D. (Semarang)
Darto Sachius, Th.M. (Semarang)
Barnabas Lee, Ph. D. (Semarang)
Philipus Setyanto, S.Th., M.A. Th.M. (Semarang)
Dwi Gatot S., S.E., M.P., M.A. (Semarang)
Herlin Fredrik Bulahari, S.Th., MACE (Semarang)
DR. Andy Kirana (Semarang)
Drs. Cornelius Dorf Tiyono, M.Th. (Semarang)
Untari Muryaningsih, S.Th., M.A. (Semarang)
Octhovianus Remindauw, S.Th., M.A. (Semarang)
Soeparwata Wiratmadja, M.Th. (Semarang)
DR. Noor Anggraito (Semarang)
DR. Phelly Anandayu (Semarang)
DR. Indra Widjajanto (Semarang)
Andreas Budi Utomo, S.Th., M.A. (Semarang)
Harun Junaedi, S.Th., M.A. (Semarang)
Ir. Sugiarto M.A. (Semarang)
Slamet Widodo, S.Th., M.A. (Semarang)
Sussana Angela P., S.Mg., M.A. (Semarang)
Teresia Siswanto, MA. (Semarang)
-->Sistem Pendidikan Kelas Blok (Senin-Jumat, 2 Minggu dalam 1 bulan, 17.30-21.30 WIB)Tersedia juga program Distance Learning Pendaftaran : Setiap Saat Fasilitas, Sarana dan Profil Kampus :- Terletak dikawasan pemukiman terpadu yang bertaraf Internasional Lippo Karawaci - Tangerang dekat dengan Supermall , perkantoran, perbankan serta rumah sakit , hotel, sportclub serta sarana lainnya.- Program kelas yang berbobot, unik, dan yang didukung pengajar-pengajar yang berpengalaman baik dari dalam maupun luar negeri.- Dikenal dan didukung oleh institusi International: USA (Portland Bible College dan School Of Divinity, Regent University), South Korea (Handong Global University). - Ruang kuliah dan perpustakaan yang nyaman dan full AC serta ditunjang oleh buku-buku referensi dari dalam dan luar negeri- Kampus yang luas, asri dan diperlengkapi dengan teknologi mutakhir Wi-Fi. - Cafetaria, toko buku Kristen & area parker yang luas. - Lokasi mudah di jangkau oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum dari berbagai jurusan. Biaya Silahkan menghubungi HITS : dengan No telp : 021-5461091 fax. 021-5461093 Segera Daftarkan Diri Anda di …Harvest International Theological SeminaryWorld Harvest Centre Jl. Gunung Rinjani 6 - Taman HimalayaLippo KarawaciTangerang 15811 INDONESIATelp. (021) 5461091Fax. (021) 5461093Email : hits@worldharvest.cc

PROGRAM DISTANCE LEARNING

PROGRAM DISTANCE LEARNING
Stratum 1 Off Campus (S-1 Off) dan Diploma 2 adalah program pendidikan tingkat sarjana dan diploma yang dipersiapkan untuk memperlengkapi diri Anda di tempat manapun Anda berada. Jika Anda tidak dapat kembali belajar dalam ruang kelas di kampus, karena tempat tinggal yang jauh dari kampus, atau pelayanan dan pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan, maka program S-1 dan diploma 2 Off, dengan sistem belajar yang praktis dan dinamis, serta kurikulum yang berbasis kompetensi, menjadi jawaban bagi Anda dalam mencapai impian dan cita-cita Anda untuk menambah pengetahuan dan kapabilitas dalam suatu pendidikan formal, terstruktur dan terarah. Waktu tersedia setiap saat, bahkan dengan bebas selama 24 jam Anda dapat memilih waktu belajar yang sesuai dan menyenangkan. About S-1 & Diploma 2 Off Campus S-1 dan diploma 2 Off merupakan program belajar Alkitab, yang dengan perangkat modul pembelajaran, VCD dan teknologi informasi, bahkan pengembangan ke depan dengan perangkat SEAMOLEC di UT, menjadi program pembelajaran yang dapat menembus batas jarak dan waktu mencapai tempat di manapun Anda berada. S-1 Off menggunakan kurikulum yang seimbang dan relevan dengan kebutuhan umat Tuhan masa kini, yang merupakan kompilasi dari kurikulum inti pemerintah (Depag RI), kurikulum institusional Harvest dan kurikulum International School of Ministry (ISOM). S-1 Off menggunakan 159 VCD dari ISOM, yang menampilkan pembicara terbaik tingkat dunia, dengan urapan yang dinamis, sehingga Anda akan memperoleh materi pengetahuan dan pengalaman kelas dunia, yang memberikan wawasan global tetapi dapat diberlakukan secara lokal. Gelar dan Beban Penyelesaian Program- Diploma Teologi dengan gelar Dip.Th. menyelesaikan beban minimal 80 SKS, dengan lama studi minimal 4 semester (2 tahun) dan maksimal 7 semester .- Sarjana Teologi dengan gelar S.Th. menyelesaikan beban 160 SKS, dengan lama studi minimal 8 semester (4 tahun) dan maksimal 14 semester (7 tahun). Syarat Pendaftaran :- Lahir Baru dan anggota gereja local yang berkomitmen - Foto Copy surat Baptis (1 lembar)- Foto Copy tanda pengenal KTP / Passport / SIM- Pas Photo ukuran 3x4 (5 lembar) dan 4x6 (2 lembar) berwarna dan terbaru - Foto copy ijazah min. SLTA atau sederajat yang telah dilegalisir (3 lembar)- Mengisi formulir pendaftaran - Mengirimkan biaya-biaya pembayaran awal - Melampirkan 3 lembar transkrip nilai bagi calon mahasiswa transfer

PENGURUS ALUMNI HITS

PENGURUS ALUMNI HITS :
Dewan Penasehat :1. DR. Jimmy Oentoro2. DR. HBL. Mantiri3. DR. Arnold Tindas4. Prof. DR. Sasmoko5. Ivonne Elisabeth, M.BusDewan Pengurus :Ketua Umum : DR. Joseph Inkiriwang Ketua I : DR. Th. Indra Widjajanto Ketua II : DR. Frans. SilalahiKetua III : DR. Manlian Ronald Adventus SimanjuntakSekretaris Umum : Paulus Wisnu Tri Oka, MAWakil Sekretaris : Linda Arih Ersada, M.ThBendahara Umum : DR. Yongki Rachmat SantosoWakil Bendahara : Welian, MASEKUM / WASEKUM Bidang External Relation 1. DR. Eduar Johan Moniyong (Koordinator) 2. DR. Silviana Pandegirot 3. DR. Natanael Prajogo 4. Hendy Tan, MA 5. Suyapto Tandyawasesa, MA 6. Noch Mandey, MA Bidang Internal Relation Eddy Tatimu, MA (Koordinator)Bp. Sugianto (GBI Sg. Yordan)Lucky Runtuwene, S.ThDR. Rina ErnawatiYakub Djunaidi, S.ThJoni Bumbun, S.ThElinudin Mandrofa, S.ThTedjo Johni, S.ThTulus Sinambela, S.Th & Ira Chuarsa, S.ThGloria Junnorlina Bangun, S.ThTan Ren Tak, S.ThFebe Caroline, S.ThMartin Lukas Winarto, MABenyamin Lakotany, MAEddy Tatimu, MAKus Indratmo, MATri Seno Budhi Hantoro, MAFery Budianto, MAIwan Johnson M. Silalahi, MAMangasi Sinaga, MADR.Hindarko BoentoroRoy Agustinus, MAMatius Sumarno Hadi Prayitno, MADR. Martinus Thomas LeiwakabessyBidang Event Organizer 1. Stevany Silangen, M.Th (Koordinator) 2. Ester Marpaung, S.Th 3. Frency, S.Th 4. Anne Olivia Wowor, S.Th A. Ketua I Bidang Pengembangan Usaha dan Dana 1. Bambang Budihardja, M.Th (Koordinator) 2. Kiky R. Sadrach, MA 3. Berlianta Jeni Frida, S.Th4. Steven Goutama, S.ThBidang Support ke HITS 1. DR. Tony Latip Dhywantara ( Koordinator)2. DR. Heryanto3. Aristo Purboadji, MA4. Oktavianus Sutanto, MA5. Jeniwati Tamin, MA6. James Fritgerald Papilaya, MAB. Ketua II Bidang Media DR. Agus Hartadi ( Koordinator) TV 1. Charlton, S.Th (Koordinator)2. DR. Samuel Sianto3. Stephanus Tanujaya, MA4. Yoshua Yan Heryanto, MA5. Avi Christian, S.ThMajalah 1. Benny Lakotany, MA (Koordinator)2. DR. Ho Chul Kang3.Agnes Setyawati, MA4. Henny Sukmawati, MA5. Corry Sartika Tobing, MA6. Indra Tiawarman, S.ThBidang Pelatihan 1. DR. Maria J. Mantik (Koordinator)2. Mangasi Sinaga, MA3. Lilis Andriana, MAC. Ketua III Bidang External Ministry ; Rudyharto, MA (Koordinator) Hukum DR. Samuel PapilayaCommunity Development DR. Siti HadijahEmergency Relief Rudy Gonty R. Panjaitan, MABidang Social Gathering ; Binsar Sihite, MA (Koordinator) 1. Rustanto, S.Th 2. Jacob Stevy Seleky, MA 3. Andika Miduk, S.Th 4. Maureen Meiselina, S.Th 5. Ranto Rosmawati, S.Th D. Ex Officio DR. Cicilia Gunawan