Blog SABDA
23Apr/240

Belajar Membuat Artikel dengan Bantuan AI

Oleh:

Membuat artikel dari sebuah video/seminar online susah nggak sih? Sahabat SABDA pernah coba nggak? Saya pernah mencoba sih, kadang hasilnya bagus karena transkrip video yang saya pakai cukup pendek. Namun, pernah juga malah jadi bingung dengan hasil dari AI karena transkrip yang saya pakai untuk membuat artikel panjang sekali. Usut punya usut, cara saya dalam hal ini tidak tepat  .. hehe. Kok bisa tahu kalau caraku salah?

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
16Apr/240

Memanfaatkan AI untuk Pelayanan Media Kristen

Oleh:

Hai Sahabat SABDA! Jumpa lagi dalam blog saya. Belakangan ini, SABDA sering mengadakan acara yang membahas tentang AI. Sudah menyimak acara-acaranya belum? Kalau belum, silakan lihat arsipnya di situs AI SABDA ya. Nah, pada 18 Maret, SABDA kembali mengadakan seminar seri #AITalks AI-4-GOD! AI dan Media Kristen. Acara ini mengajak para pengguna tools AI berbasis media, baik audio, video, maupun grafis, untuk membagikan tip dan trik yang bisa menolong kita di pelayanan masing-masing.

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
15Apr/240

Pelayanan YLSA Kuartal 1 2024

Oleh:

Senang bisa menjumpai Sahabat SABDA kembali melalui tulisan ini. Ada banyak cerita nih dari balik layar pelayanan SABDA yang bisa dibagikan. Namun, kali ini, saya hanya ingin berbagi tentang pelayanan YLSA selama kuartal 1 tahun ini. Wah, seperti apa ya perkembangannya? 

Adanya struktur baru di YLSA pasti membuat pelayanan yang kami kerjakan juga mengalami perubahan. Puji Tuhan, kami dapat beradaptasi dengan perubahan ini dan dapat menjalani kuartal 1 tahun ini dengan bai k. Ketiga tim SABDA, yaitu tim SABDA Labs, SABDA Academy, dan SABDA Resources, saling berjibaku untuk bisa mengerjakan proyek-proyek pada kuartal ini demi memperlengkapi masyarakat Kristen dan gereja. Tidak hanya proyek-proyek khusus, setiap tim pasti juga punya tugas-tugas rutin yang tetap dikerjakan. Penasaran dengan proses dan bagaimana kami mengerjakan semua ini? Wah, tentunya dengan banyak cucuran air mata ... ups, bukan ya! Yang betul, ada banyak curahan sukacita dari Tuhan yang memampukan kami mengerjakan pelayanan ini dengan baik. Saya pun merasakan Tuhan banyak menolong dalam proses ini. Tuhan baik!

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
9Apr/240

Minggu Pertama Magang di YLSA

Oleh:

Oleh: Agas

Shalom Sahabat SABDA. Saya Agastya Petra Budiyana, staf magang di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Keputusan mengambil program magang di YLSA bermula ketika saya ingin terlibat dalam pelayanan digital. Sebagai staf magang, saya diajak untuk terlibat aktif dalam kegiatan pelayanan sesuai dengan minat dan bakat saya, yaitu bidang desain grafis.

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
4Apr/240

AlkiPEDIA dalam Tahap Pengembangan

Oleh:

Shalom Sahabat SABDA. Saat ini, saya sedang mengerjakan pengembangan aplikasi AlkiPEDIA. Nah, saya ingin sharing nih tentang pengalaman saya mengerjakan proyek ini. Ups, saya infokan terlebih dahulu ya kalau aplikasi AlkiPEDIA ini berguna untuk melakukan analisis setiap kitab dalam Alkitab yang berisi informasi fakta, latar belakang, garis besar, tujuan, tema-tema kunci, survei, dan ciri khas dari setiap kitab. Menarik banget 'kan?

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
29Mar/240

Kelas “Memahami Makna Paskah” untuk Persiapan Paskah!!

Oleh:

Kalau mendekati Paskah, apa yang Sahabat SABDA lakukan? Biasanya, setiap tahun, SABDA akan menyajikan bahan-bahan, events, bahkan kelas online yang bisa Sahabat SABDA ikuti, gunakan, dan pelajari untuk menyiapkan Paskah. Nah, tahun ini, SABDA MLC kelas online Memahami Makna Paskah (MMP). Kelas yang diselenggarakan pada 13 - 20 Maret 2024 di Grup WhatsApp ini diikuti oleh 84 peserta, yang dibagi ke dalam 4 kelas. Setiap kelas terdiri dari 21 peserta, seorang moderator (bukan guru), dan admin. Kelas MMP 1 dimoderatori oleh Bu Evie; kelas MMP 2 oleh Pak Bima; kelas MMP 3 oleh saya; dan kelas MMP 4 oleh Sdr. Rei. Untuk adminnya, Melisa bertugas di kelas MMP 1 dan 2, sedangkan Mei di kelas MMP 3 dan 4.

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
28Mar/240

Mengasihi di Era Digital Melalui Diskusi GT

Oleh:

Mengasihi adalah salah satu bagian terpenting bagi kehidupan orang percaya. Pada era digital ini, bagaimana orang percaya dapat tetap mengasihi?

Februari 2024, SABDA, melalui diskusi WAG Growing Together, mendiskusikan tentang "Amanat Kasih 4.0". Melalui grup ini, peserta diajak untuk berdiskusi selama 1 bulan penuh terkait mengasihi Allah, mengasihi sesama, mengasihi suku bangsa, dan mengasihi suku digital.

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini